Chrome Pointer

LA2 M1 Up Uc

Percobaan II 

1. Prosedur [Kembali]

 1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.

2. Buat program menggunakan Arduino IDE.

3. Compile program yang telah dibuat lalu Upload ke dalam Arduino Uno.

4. Uji coba program pada rangkaian percobaan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

5. Selesai

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Hardware :

1. Arduino




2. Keypad




3. 7-Segment 2 Digit
Diagram Blok :



3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]



Prinsip kerja:

Pada rangkaian percobaan diatas, kita menggunakan keypad sebagai inputan dan seven segmen sebagaimana output. kaki input keypad dipasang dengan pin arduino dengan rincian baris pada pin A4, A3, A2, A1 dan kolom pada pin 10, 11, 12, 13. kemudian seven segmen terpasang pada pin 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, arduino. sehingga bisa disimpulkan kita menggunakan keypad 4 x 4 sebagai inputan dan seven segmen 2 digit sebagai output.

ketika button atau keypad ditekan, maka mikrokontroler akan memindai baris dan kolom mana yang menyala sehingga akan mendapatkan informasi yang akan ditampilkan di seven segmen sesuai dengan library keypad dan perintah pada program. 


Flowchart :




Listing Program :

Listing Program :

// Memasukkan library Keypad untuk memudahkan interaksi dengan keypad
#include <Keypad.h>

// Mendefinisikan jumlah baris dan kolom pada keypad
const byte ROWS = 4; // Empat baris
const byte COLS = 4; // Empat kolom

// Mendefinisikan tata letak tombol pada keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
 {'1','2','3','A'},
 {'4','5','6','B'},
 {'7','8','9','C'},
 {'*','0','#','D'}
};

// Menetapkan pin yang terhubung ke baris dan kolom pada keypad
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Pin baris terhubung ke A4, A3, A2, A1
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Pin kolom terhubung ke 10, 11, 12, 13

// Membuat objek keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);

// Mendefinisikan pin yang terhubung ke segmen-segmen pada seven-segment display
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2};

// Fungsi setup, dijalankan sekali saat sketch dimulai
void setup() {
 // Mengatur pin segmen sebagai output
 for (int i = 0; i < 8; i++) {
   pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
 }
}

// Fungsi loop, dijalankan berulang setelah setup
void loop() {
 // Mendapatkan tombol yang ditekan
 char key = keypad.getKey();

 // Jika ada tombol yang ditekan
 if (key) {
   // Menampilkan karakter pada seven-segment display
   displayCharacter(key);
   // Menunggu selama 1 detik
   delay(1000);
   // Membersihkan display
   clearDisplay();
 }
}

// Fungsi untuk menampilkan karakter pada seven-segment display
void displayCharacter(char ch) {
 // Pola segmen untuk menampilkan karakter
 byte patterns[][9] = {
   // Definisi pola segmen untuk setiap karakter yang bisa ditampilkan
 };

 // Cek apakah karakter merupakan angka atau huruf yang valid
 if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
   // Menghitung index berdasarkan karakter
   int index = (ch <= '9') ? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
   
   // Menyalakan segmen yang sesuai untuk menampilkan karakter
   for (int i = 0; i < 7; i++) {
     digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
   }
 }
}

// Fungsi untuk membersihkan display
void clearDisplay() {
 // Mematikan semua segmen
 for (int i = 0; i < 8; i++) {
   digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
 }
}


Percobaan 2 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar